Selasa, 29 Mei 2018

Kebaikan Kunyit Sebagai Kesehatan Juga Mengenal Efeksamping Dari Kunyit.



Kebaikan Kunyit Sebagai Kesehatan Juga Mengenal Efeksamping Dari Kunyit.
Kunyit Dikenal Jadi Bahan Pelengkap Makanan Yang Memiliki Cita Rasa Pula Warna Khas. Tidak Juga Dimanfaatkan Menjadi Bumbu Dapur, Masyarakat Kerap Memanfaatkannya Untuk Mengobati Berbagai Kondisi Kesehatan. Tetapi Yang Menjadi Pertanyaan, Apakah Klaim Kebaikan Kunyit Sudah Teruji Dari Segi Medis?
Kunyit Mempunyai Senyawa Kimia Bernama Kurkumin. Zat Pewarna Kuning Tersebut Diduga Sanggup Membantu Proses Penyembuhan Pada Tubuh. Ini Beberapa Khasiat Yang Mungkin Sanggup Diperoleh Dari Kunyit.
Fungsi Kunyit
Kebaikan Kunyit Sudah Lama Dipercayai Dapat Membantu Mengobati Berbagai Gangguan Kesehatan, Di Antaranya :
Osteoarthritis. Kunyit Ditengarai Mampu Membantu Meringankan Nyeri Pada Penderita Osteoarthritis, Yakni Sebuah Kondisi Yang Membikin Sendi Menjadi Nyeri, Kaku, Pula Kehilangan Fleksibilitasnya. Sebuah Penelitian Menyatakan Kinerja Kunyit Bisa Sama Dengan Obat Ibuprofen Dalam Mengobati Osteoarthritis. Jikalau Ingin Mencoba Meringankan Rasa Sakit Efek Osteoarthritis, Anda Mampu Mengonsumsi Ekstrak Kunyit Dosis 500 Mg Dua Kali Sehari.
Kulit Gatal. Berdasarkan Sebuah Penelitian, Kulit Gatal Akibat Penyakit Ginjal Kronis Mampu Diobati Dengan Meminum Kombinasi Produk Yang Mengandung Kurkumin Juga Ekstrak Lada Hitam Atau Cabe Jamu (Long Pepper).
Ruam Kulit. Situasi Iritasi Kulit Diakibatkan Liken Planus Sanggup Diobati Dengan Meminum Produk Tertentu Yang Mengandung Unsur Kimiawi Kunyit.
Masalah Menstruasi. Tentu Kita Sering Melihat Iklan Minuman Yang Mengandung Kunyit Pula Diklaim Bisa Mengatasi Rasa Sakit Diakibatkan Menstruasi. Menurut Beberapa Penelitian, Mengonsumsi Suplemen Kunyit Bisa Meringankan Rasa Sakit Tersebut. Namun, Masih Diperlukan Penelitian Lebih Lanjut Untuk Membuktikan Hal Ini.
Tukak Lambung. Beberapa Penelitian Mengatakan Sakit Tukak Lambung Mampu Diobati Dengan Mengonsumsi Kunyit.
Dispepsia (Maag). Menurut Penelitian, Mengonsumsi Kunyit Juga Bisa Membantu Mengurangi Gejala Perut Kembung Pada Penderita Dispepsia.
Kanker. Menurut Beberapa Penelitian, Kurkumin Bisa Meringankan Pertumbuhan Pembuluh Darah Baru Pada Tumor, Penyebaran Kanker, Dan Berkontribusi Terhadap Kematian Sel Kanker.
Efek Samping Kunyit
Sampai Detik Ini, Belum Ditemukan Adanya Efek Samping Dari Penggunaan Kunyit Pada Dosis Rendah. Sebuah Penelitian Mencatat Bahwa Tak Terjadi Efek Samping Pada Orang Yang Mengonsumsi Kunyit 490 Mg Tiap Hari Selama Seminggu. Meski Demikian, Kunyit Yang Diminum Dalam Jumlah Berlebihan Sanggup Menjadikan Detak Jantung Jadi Abnormal. Efek Samping Lain Yang Timbul Dari Pemakaian Kunyit Secara Berlebihan Yaitu:
  • ·      Gangguan Perut Serta Pencernaan.
  • ·      Gangguan Pada Kantung Empedu.
  • ·      Reaksi Alergi, Seperti Ruam.
  • ·      Gangguan Hati.
  • ·      Kontraksi Uterus.
  • ·      Mengurangi Kesuburan Pada Pria.

Sebaiknya Konsumsi Kunyit Buat Suplemen Dilakukan Secara Hati-Hati, Juga Hindari Pemakean Oleh Ibu Hamil Serta Menyusui, Penderita Diabetes, Penderita Gangguan Pendarahan, Pria Yang Ingin Memiliki Anak, Seseorang Yang Kekurangan Zat Besi, Juga Pasien Yang Akan Melakukan Operasi.
Fungsi Kunyit Memang Belum Bisa Dipastikan Sepenuhnya, Karena Masih Membutuhkan Bukti Pula Penelitian Lebih Lanjut. Namun, Mengingat Sudah Ada Penelitian Yang Memberi Nilai Positif Pada Khasiatnya, Tidak Ada Salahnya Mencoba Melakukan Pengobatan Dengan Tanaman Herba Ini. Meski Begitu, Sebelum Meminum Kunyit Buat Pendamping Pengobatan, Konsultasikan Terlebih Dahulu Kepada Dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar